Diberdayakan oleh Blogger.

Detik.com, Media Online Terbesar di Indonesia

Profil Website

Nama Media: Detik
URL: www.detik.com
Slogan: Situs Warta Era Digital
Jenis Website: Portal Berita
Pemilik: PT. Trans Corporation
Diluncurkan: 9 Juli 1998
Status saat ini: Aktif

Sejarah Detik.com

Meski server detikcom sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai daring dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi.

Peliputan pertama detikcom terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.

Dalam hal ini detikcom menjual kecepatan informasi yang di-update setiap saat. Inilah yang menjadi cikal bakal detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan users internet.

Kepemilikan Detik.com

Semula saham detikcom dimiliki oleh Agranet Tiger Investment dan Mitsui & Co. Agranet memiliki 59% saham di detikcom, dan sisanya dimiliki oleh Tiger 39%, dan Mitsui 2%.

Namun pada 3 Agustus 2011 CT Corp mengakuisisi detikcom (PT Agranet Multicitra Siberkom/Agrakom), yang menandakan secara resmi detikcom berada di bawah Trans Corp.[1] Chairul Tanjung, pemilik CT Corp membeli detikcom secara total (100 persen) dengan nilai US$60 juta atau Rp 521-540 miliar.

Web Content Detik.com

Detikcom merupakan portal kumpulan situs-situs:

    • detikNews (news.detik.com) Berisi informasi berita politik-peristiwa
    • detikFinance (finance.detik.com) Memuat berita ekonomi dan keuangan
    • detikFood (food.detik.com) Informasi tentang resep makanan dan kuliner
    • detikHot (hot.detik.com) Berisi info gosip artis/selebriti dan infotainment
    • detiki-Net (inet.detik.com) Memuat informasi teknologi informasi
    • detikSport (sport.detik.com) Berisi info olahraga termasuk sepakbola
    • detikHealth (health.detik.com) Memuat info dan artikel kesehatan
    • detikTV (tv.detik.com) Memuat info mengenai berisi berita video (tv berita)
    • detikFoto (foto.detik.com) Yang memuat berita Foto
    • detikOto (oto.detik.com) Memuat informasi mengenai otomotif
    • detikTravel (travel.detik.com) Memuat informasi tentang liburan dan pariwisata
    • detikSurabaya (surabaya.detik.com) Info Surabaya dan Provinsi Jawa Timur
    • detikBandung (bandung.detik.com) Informasi tentang Bandung dan Provinsi Jawa Barat
    • detikforum (forum.detik.com) Tempat diskusi online antar komunitas pengguna Detikcom
    • blogdetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di halaman blog pribadi
    • wolipop (wolipop.detik.com) Berisi informasi tentang wanita dan gaya hidup
    • TanyaSaja (tanyasaja.detik.com) Tempat para pengakses bertanya jawab mengenai hal apa pun
    • DetikMap (map.detik.com) Semacam alat/tool untuk melihat Peta lokasi
    • IklanBaris (iklanbaris.detik.com) Berisi Iklan yang langsung diisi konsumen
    • MyTRANS (www.mytrans.com) Live Streaming Trans TV dan Trans7, serta video program-program acara Trans TV dan Trans7
    • Harian Detik (harian.detik.com) Berisi berita dalam bentuk [[koran digital]] yang diterbitkan 2x sehari pada pukul 06:00 WIB & 16:00 WIB (untuk edisi akhir pekan terbit 1x sehari pada pukul 06:00 WIB). Sejak 22 Juli 2013, Harian Detik dihentikan penerbitannya.

Pembaca Detik.com

Pada Juli 1998 situs detikcom per harinya menerima 30.000 hits (ukuran jumlah pengunjung ke sebuah situs) dengan sekitar 2.500 user (pelanggan Internet). Sembilan bulan kemudian, Maret 1999, hits per harinya naik tujuh kali lipat, tepatnya rata-rata 214.000 hits per hari atau 6.420.000 hits per bulan dengan 32.000 user.

Pada bulan Juni 1999, angka itu naik lagi menjadi 536.000 hits per hari dengan user mencapai 40.000. Terakhir, hits detikcom mencapai 2,5 juta lebih per harinya.

Selain perhitungan hits, detikcom masih memiliki alat ukur lainnya yang sampai sejauh ini disepakati sebagai ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran itu adalah page view (jumlah halaman yang diakses). Page view detikcom sekarang mencapai 3 juta per harinya. sekarang detik.com menempati posisi ke empat tertinggi dari alexa.com untuk seluruh kontent di Indonesia

Pendapatan Detik.com

Sampai saat ini saya belum menemukan informasi yang benar-benar valid mengenai pendapatan Detik.com setiap bulannya. Namun dari beberapa sumber yang saya dapatkan di internet menjelaskan bahwa pendapatan Detik.com mencapai Rp 4 – 5 Milliar per bulan dari iklan.

Space iklan ini berada pada domain utama dan beberapa sub domain milik Detik.com, diantaranya detik finance, detik health, detik oto, detik sport, detik net, detik hot, detik news, dan wollipop. Rate iklan di situs ini juga sangat beragam, yaitu berkisar dari Rp 500ribu – Rp 200jutaan.

Informasi mengenai rate iklan di Detik.com bisa kita lihat di sini dan juga beberapa jenis iklan yang lain bisa dilihat di sini.

Penilaian untuk Detik.com

    - Over Iklan --sampai sekarang saya masih kurang suka dengan banyaknya iklan di halaman muka detikcom, sangat mengganggu.
    - Akurasi Informasi --dibanding media online sekelas Kompas dan Tempo, detikcom jauh sekali akurasi datanya. Hal ini juga yang sering saya dengar dari pembaca daring lain.
    - SEO --detik.com berada di urutan 11 halaman utama google untuk kata kunci "berita hari ini" (diakses 13 Maret 2014)
    - Kecepatan --sesuai namanya, informasi yang di-update detikcom meman setiap saat, setiap detik. Inilah salah satu keunggulan detik.com yang jika tidak dikelola dengan baik, bisa jadi bumerang untuk akurasi data.
   - Desain --Oke punya. Keren.

Secara keseluruhan, detikcom berhasil menjadi media online terbesar di Indonesia dengan penuh perjuangan. Jejak Budiono dalam membangun detikcom patut kita jadikan motivasi. Berikut tayangan video kisah detikcom.

0 komentar:

Posting Komentar

Matur suwun sampun mampir. Menurut Panjenengan kados pundi?